Tips Memilih Audio Mobil Yang Berkualitas

Setiap pemilik mobil tentunya menginginkan mobil yang nyaman dan aman digunakan. Apalagi jika sering digunakan dalam jarak jauh, tentunya fitur kenyamanan mobil menjadi patut diperhatikan. Sehingga tidak heran jika pemilik mobil akan menghabiskan banyak biaya untuk memodifikasi fitur-fitur interior yang membuat perjalanan semakin nyaman karena media hiburan yang ada di dalamnya. Salah satunya yaitu pada bagian sound sistem mobil. Fasilitas mobil yang satu ini memang perlu mendapatkan perhatian khusus. Hal ini karena umumnya audio bawaan mobil memang cenderung minim dalam kualitas suara. Sehingga terkadang kurang nyaman ketika digunakan. Bagi anda yang mengerti tentang kualitas suara terbaik, tentunya akan mengupgrade menyeluruh untuk mendapatkan kualitas terbaik.

Namun memilih sound sistem terbaik dan berkualitas memang tidak bisa sembarangan. Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan, mulai dari kualitas, harga, dan ruang mobil, dan lainnya. Nah kali ini Pusat Audio Semarang akan dibahas lebih lanjut mengenai tips memilih audio mobil terbaik dan berkualitas.

1. Perhatikan Fitur-Fitur 

Pilihlah sistem audio mobil yang memiliki beragam pengaturan suara yang cukup lengkap. Setidaknya, sistem audia tersebut harus memiliki pengaturan kualitas suara, fungsi bass, trebel, balance, fade, automatic level control, dan masih banyak lainnya. Selain itu pastikan pula jika terdapat fasilitas pendukung seperti MP3, DVD, dan USB.

Selain itu tidak lupa untuk melakukan pengecekan pada head unit. Bahkan lakukan penggantian pada head unit standard. Hal ini harus diprioritaskan terlebih dahylu karena pusat pengendalian suara baik atau tidaknya tergantung dari head unit yang berkualitas. Sedangkan head unit strandard memiliki kontrol audio yang minim. Sehingga pilihlah head unit yang dilengkapi front, rear, serta sub yang ada di belakang tape. Hal ini akan snagat berguna ketika menggunakan amplifier karena jalur audio yang terpisah sehingga membuat kualitas suara menjadi lebih baik. Fitur lainnya yang tidak kalah penting adalah Equalizer, kontrol HPF/LPF, processor digital time alightment, dan speaker kontrol.

2. Lakukan Uji Suara

Setelah menemukan audio yang anda inginkan. Tips memilih audio mobil lainnya adalah dengan melakukan uji suara. Sehingga dapat diketahui langsung kualitas suara yang didapatkan dari audio yang anda pilih. Hasil suara yang benar jika vokal penyanyi berada tepat di tengah ketika didengarkan. Sedangkan suara instrumen akan terdengar seakan mendekati suara yang asli. Bass haruslah berada didepan bukan terdengar di belakang. Anda bisa mencoba untuk memutar musik intrumen dengan mengatur balance dan kemudian dengarkan. Bila kabel speaker terbalik, maka suara pada nada rendah akan kurang dinamika. Untuk mendapatkan hasil suara yang baik, memang dibutuhkan keahlian instalur audio mobil. Sebagai pendengar, tentu saja anda harus memiliki keahlian mendengarkan yang baik.

3. Instalasi

Instalasi menjadi faktor utama dalam tips memilih amplifier yang berkualitas bagi mobil anda yang dapat mengatasi segala macam gangguan suara di dalam kendaraan. Pastikan jika kabel speaker haruslah disolder sehingga nantinya tidak mengalami kendala ketika pemasangan dilakukan. Pasang speaker dengan menggunakan dudukan yang berbahan dasar karet agar amanketika kaca pintu mobil akan diturunkan.

Lepaskan head unit dengan menggunakan bahan yang berasal dari karet plastik agar menghindari terjadinya lecet di bagian dashboard mobil. Selain itu pastikan jika kabel RCA, ground, setrum tidak berdekatan serta menggunakan kabel dengan ukuran yang sesuai. Standar untuk ukuran kabel memiliki satuan AW. Untuk kabel Accu berukuran 4 AWG, kabel speaker berukuran 18 AWG, dan kabel suboofer berukuran 12 AWG. Semakin kecil ukuran nilai AWG maka tentunya akan semakin besar ukuran kabel yang dibutuhkan. Pasang sekring pengaman pada kabel listrik acu sekitar 40 Amp, jarak sekitar 30 cm dari bagian kepala Accu. Kemudian amplas ketika memasang kabel ground pada chasis kendaraan.

4. Pilih Merk Yang Terkenal

Bagi anda yang masih pemula, mungkin belum mengetahui dengan jelas jenis audio yang terbaik dan sesuai dengan kondisi kendaraan. Sehingga akan lebih baik untuk memilih sistem audio dengan merk yang terkenal karena tentunya memiliki kualitas yang bagus. Untuk masalah merk, tentunya anda bisa melihat dari harga. Apalagi biasanya merk-merk terkenal sudah memberikan garansi sehingga lebih memuaskan pembeli di kemudian harinya. Jangan tergiur membeli audio yang murah namun tidak memiliki fitur-fitur selengkap audio lainnya. Audio seperti ini hanya akan bagus pada awal pemakaiannya saja, namun setelah beberapa waktu digunakan mungkin dapat mengalami kerusakan.

5. Optimalkan Kerja Audio Mobil

Tidak ada salahnya untuk mengoptimalkan kerja audio mobil sehingga hasil suara menjadi lebih baik. Misalnya saja dengan menambahkan peredam tambahan di dinding pintu mobil sehingga dapat mengurangi suara asing dari luar. Untuk hasil yang lebih sempurna, anda bisa menambahkan fitur subwofer yang mana membuat suara bass lebih maksimal. Anda juga bisa mengganti speaker dan tweeter bawaan dengan yang batu dan berkualitas. Biasanya pembelian ini dalam satu set agar menghasilkan suara yang lebih bagus.

Nah itu tadi beberapa tips memilih audio mobil yang terbaik dan berkualitas untuk mobil anda. Jika dibutuhkan lakukan konsultasi dengan pihak Maxima Prima Audio sehingga anda mendapatkan audio yang berkualitas. Selain itu lakukan perawatan interior mobil yang rutin sehingga nantinya kondisi audio tetap terjaga dengan baik. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda